Home · Wisata · Wisata Luar Negri · Kuliner ·

5 Kuliner Khas Medan Yang Menggugah Selera !

 

Foto Oleh : Ray Piedra
Ibu kota Sumatra Utara ini memiliki banyak sekali kuliner-kuliner khas daerahnya, salah satunya yang paling dikenal adalah Soto Medan. Makanan dengan cita rasa khas dengan bahan yang berkualitas. Jika kamu tertarik mencobanya, mari simak 5 kuliner khas medan yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana.

1. Soto Medan

Foto Oleh : @Megawatisalim

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Soto medan, salah satu makanan khas yang paling dikenal dikalangan masyarakatnya. Seperti soto pada umumnya, soto medan juga menggunakan bahan dasar daging ayam yang di suwir dan menggunakan bahan rempah-rempah pelengkap. 

Yang menjadi perbedaan antara soto medan dengan soto lainnya adalah kuah sotonya. Tekstur kuah yang kental pekat dengan warna kuning ditambah dengan bau yang wangi pastinya akan sangat membuat perut keroncongan.

2. Nasi Kentut 

Tak hanya soto medan yang banyak dikenal orang, nasi kentut juga terbilang cukup terkenal. Memiliki nama yang unik dan mungkin itu yang menjadikan makanan ini cukup terkenal di kota Medan. 

Diberi nama nasi kentut karena makanan ini dibungkus menggunakan daun dan daun tersebut sering disebut orang medan sebagai daun kentut. Nasi kentut dihidangkan seperti nasi pada umumnya yang diberi lauk seperti, ikan teri, kentang balado, pepes oncom, sayur-sayuran dan daging ayam.

3. Lontong Medan

Memiliki cita rasa khas yang gurih, lontong medan ini sangat sering dijumpai saat perayaan hari idhul fitri. Lontong Medan ini menggunakan perpaduan bumbu tauco yang gurih dan dicampur bumbu lontong pada umumnya.

Kebanyakan orang menyebut kuliner ini sebagai kuliner perpaduan antara lokal dan kuliner china. Biasanya lontong medan disajikan dengan pelengkap lauknya seperti, telor balado, daging rendang, kering tempe, dan masih banyak lagi. 

4. Kolak Durian

Foto oleh : Kedaimedanjkt

 

 

 

 

 

 

 

 

Buah Durian yang ada di Medan memang memiliki rasa yang nikmat dengan daging buah yang legit. Banyak sekali cara untuk menikmati durian medan, salah satunya di olah menjadi kolak durian. Biasanya kolak durian ini disajikan dengan  ketan putih, pisang kepok, dan jagung manis rebus.

Kuah nya terbuat dari campuran santan dan gula aren seperti kolak pada umumnya. Kolak durian paling nikmat disajikan menggunakan es batu, dan cara ini banyak kamu jumpai di kota Medan.

5. Mie Gomak

Yang terakhir ada mie gomak, kuliner khas Medan yang wajib kamu coba saat kamu berkunjung ke ibu kota Sumatra Utara ini. Mie gomak atau sering juga disebut sebagai spaghetti ala tanah Batak ini memiliki khas rasa yang gurih dengan menggunakan mie yang berukuran besar. 

Makanan satu ini cocok banget buat kamu penggemar mie. Makanan yang berbahan dasar Mie Lidi ini biasanya masak menggunakan bahan tambahan seperti, kecombrang, kacang tanah, dan bumbu andaliman.

 

Nah itulah 5 makanan khas medan yang wajib banget kamu coba saat berkunjung kesana.

0 Response to "5 Kuliner Khas Medan Yang Menggugah Selera !"

Posting Komentar